PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

NENG NANIK HENDRIYANI, YANI NIM. 2 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER_merged.pdf] Text
COVER_merged.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatan serta wawancara yang didapat dari wali kelas IV, ditemukan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia
khususnya di kelas IV masih belum optimal. Model serta bahan bacaan yang kurang inovatif diduga menjadi salah satu enyebab rendahnya minat membaca siswa. Tujuan dari enelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menelaah penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD terhadap peningkatan membaca pemahaman, kendala guru dan siswa dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman kemampun membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Cianjur. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,41 dan berada pada interpretasi “Sedang”. Adapun kendala yang diungkapkan guru yaitu kesulitan menghadapi perbedaan individu siswa dan siswa kurang tertarik
terhadap pembelajaran. Selain itu, kesulitan yang dihadapi siswa yaitu kesulitan memahami materi, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran, kesulitan dalam bekerja sama dan esulitan dalam memanagement waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe STAD, Kemam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:59
Last Modified: 14 Jul 2025 02:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item
View Item