PENGGUNAANMODELPEMBELAJARANROLEPLAYINGUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKREATIFSISWA DALAMILMUPENGETAHUANSOSIAL

NABILLAHAMALIYYAHNOVEL, 20060306 (2024) PENGGUNAANMODELPEMBELAJARANROLEPLAYINGUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUANBERPIKIRKREATIFSISWA DALAMILMUPENGETAHUANSOSIAL. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (592kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa sekolah dasar berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran role playing dalam ilmu pengetahuan sosial. Yang dimaksud dengan "berpikir kreatif" adalah
keterampilan yang mendorong siswa untuk berpikir secara luas dan memanfaatkan ide-ide kreatif yang sudah ada dalam pikiran mereka untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang diinginkan oleh mereka. Permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa tidak memahami materi dan kurangnya respon siswa dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi ekonomi dan usaha. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method yang menggunakan 2 teknik pengumpulan data
yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini objek yang diteliti sebanyak 32 siswa yang aktif di sekolah dasar. Penelitian berlangsung dengan menghasilkan data data pre test dan post test lalu dilanjutkan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T-Test Paired Sample Test dan N gain-score. Hasil data menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran role
playing. Melalui wawancara dan observasi dalam penelitian ini mengetahui bahwa terdapat hambatan bagi siswa dan guru yaitu kurangnya pengalaman pembelajaran menggunakan model ini karena jarang digunakan oleh guru sekolah dasar khususnya dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dan juga kurangnya minat guru dalam mengaplikasikan model tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Ilmu Pengetahuan Sosial, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 04:41
Last Modified: 12 Jul 2025 04:41
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item
View Item