PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Mochamad Firman Mulyana, 22060368 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 02 BAB I Firman.pdf] Text
02 BAB I Firman.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 03 BAB II Firman.pdf] Text
03 BAB II Firman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of 04 BAB III Firman.pdf] Text
04 BAB III Firman.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Firman.pdf] Text
05 BAB IV Firman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of 06 BAB V Firman.pdf] Text
06 BAB V Firman.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Firman.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Firman.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Firman.pdf] Text
08 Lampiran Hasil Firman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan emahaman konsep IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa ketika diterapkannya model Problem Based Learning dalam embelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPA kelas sebesar 85,90 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 98 dan nilai terendah sebesar 67. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 100,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 0,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 03:04
Last Modified: 12 Jul 2025 03:04
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item
View Item