Mochamad Firman Mulyana, 22060368 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of 02 BAB I Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 BAB I Firman.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of 03 BAB II Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 BAB II Firman.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
![[thumbnail of 04 BAB III Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB III Firman.pdf
Download (202kB)
![[thumbnail of 05 BAB IV Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB IV Firman.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
![[thumbnail of 06 BAB V Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 BAB V Firman.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 Daftar Pustaka Firman.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Firman.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 Lampiran Hasil Firman.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan emahaman konsep IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep IPA siswa ketika diterapkannya model Problem Based Learning dalam embelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPA kelas sebesar 85,90 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 98 dan nilai terendah sebesar 67. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 100,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 0,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep IPA, Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 12 Jul 2025 03:04 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/530 |