PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DALAM MATA PELAJARAN IPS

MIRABELA APRIANI, 20060272 (2024) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD DALAM MATA PELAJARAN IPS. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 20060272_BAB I.pdf] Text
20060272_BAB I.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 20060272_BAB II.pdf] Text
20060272_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of 20060272_BAB III.pdf] Text
20060272_BAB III.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 20060272_BAB IV.pdf] Text
20060272_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of 20060272_BAB V.pdf] Text
20060272_BAB V.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 20060272_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
20060272_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 20060272_LAMPIRAN.pdf] Text
20060272_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Penelitian ini berdasar pada kelemahan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, siswa belum terlibat akhif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendanya kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini dilihat dari tiga hal yaitu, (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif TGT. (2) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. (3) Mengetahui kendala guru dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas
V SD. Metode yang dipakai adalah mixed method dengan desain explanatory sequential. Untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan berpikir kritis dilakukan secara kuantitatif. Sedangkan dalam melihat respon siswa dan kendala guru menggunkanan angket dan wawancara. Sebanyak 31 siswa kelas
V SDN Cipageran Mandiri 02 Cimahi menjadi subjek penelitian. Penggunaan data dilaksanakan dengan pemberian pretes dan posttes. Hasil dari uji perbedaan rata-rata siswa menggunakan uji paired sample t-test menujukan
bahwa nilai 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa ada perbedaan signifikan. Kenaikan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari nilai N-gain senilai 0,6917 dengan kategori sedang. Terdapat respon yang positif dari siswa dan minimnya kendala yang di temui dalam penerapan model teams games
tournament. Hal ini menujukan bahwa model teams games tournament efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teams games tournament, kemampuan berpikir kritis, Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 12 Jul 2025 02:55
Last Modified: 12 Jul 2025 02:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item
View Item