PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Meisaroh, 20060360 (2024) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf

Download (477kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep IPA siswa merupakan bentuk penguasaan materi pembelajaran, siswa bukan hanya menghapal, mengingat tetapi bisa mengungkapkan kembali konsep dengan bahasanya sendiri dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pemahaman konsep IPA siswa kelas III melalui metode pembelajaran Contectual Teaching And Learning (CTL) berbatuan media canva, kesulitan dan kendala guru
dan siswa ketika kegiatan pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method dengan desain penelitian sequential
explanatory. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas III di salah satu SD di Kabupaten Cianjur dengan sampel 16 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non tes. Adapun dari hasil penelitian yaitu berdasarkan
hasil pretest dan posstest terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA yang diperoleh siswa. Untuk memperkuat hasil pretest dan posstest maka dilakukan obsevasi, angket dan wawancara untuk mengetahu kendala dan kesulitan siswa dan
guru dalam menerapkan pembelajaran ini. Adapun dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran pemahaman konsep IPA mengunakan metode Contectual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media canva pada siswa kelas III mengalami peningkatan dibuktikan dengan dari sig. 2 (tailed) sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Contectual Teaching and Leraning (CTL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Media Canva.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:55
Last Modified: 11 Jul 2025 06:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item
View Item