PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 2 SUDIMAMPIR

Lupitasari, 22060292 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV SDN 2 SUDIMAMPIR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi membaca siswa. Hal tersebut didasari oleh hasil observasi yang dilakukan sebelum penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningkatan kemampuan literasi membaca siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan the Sequential Explanatory Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Sudimampir yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0,6 dan berada pada interpretasi “Sedang”. Selain itu, perolehan skor angket guru memperoleh nilai rata-rata 96 % berada pada kategori ”sangat baik” dan angket siswa memperoleh nilai rata-rata 85 % berada pada kategori “sangat baik”. Kesulitan yang dihadapi guru diantaranya, kesulitan memahami memberikan motivasi kepada siswa, kurangnya alokasi
waktu pembelajaran, dan kesulitan mengkondisikan siswa. Adapun kesulitan siswa yaitu kesulitan memahami materi, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran, kesulitan dalam
memanajemen waktu, kesimpulan dalam menyimpulkan hasil diskusi, dan kesulitan dalam mempresentasikan hasil diskusi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa pada siswa kelas IV SDN 2 Sudimampir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Literasi Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:47
Last Modified: 11 Jul 2025 03:47
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item
View Item