PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV SD

Listya Nur Fauziyyah, 20060161 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A.pdf] Text
LAMPIRAN A.pdf

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini mengkaji mengkaji tentang pembentukan kemampuan Kerjasama siswa dalam pembelajaran kegiatan ekonomi. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni: (a) mengetahui peningkatan kerjasama menggunakan model kooperatif tipe STAD , (b) respon siswa terhadap penggunaan model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan kerjasama, dan (c) kendala guru dalam menggunakan
model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan kerjasama. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain explanatory sequential. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah dasar di Batujajar dengan jumlah partisipan sebanyak 31 siswa dan 1 guru kelas. Pada model ini suatu kelompok diberi perlakuan dan selanjutnya diberi observasi hasil dan proses. Adapun Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar obervasi, angket respon siswa dan guru serta wawancara siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji N-gain berbantuan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil
penelitian bahwa: (a) model pembelajan kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan kerjasama mengalami peningkatan, dilihat dari hasil uji N-gain dengan
skor sebesar 0,43 dengan kategori sedang, dengan persentase nilai pretest sebanyak 63% dan mengalami peningkatkan sebanyak 17% pada hasil posttest yaitu sebesar 80%. Model pembelajaran dikatakan efektif jika nilai N-gain score yang didapat > 0,3 pada kategori sedang, (b) siswa menunjukan respon yang baik selama menggunakan model kooperatif tipe STAD berdasarkan hasil angket dan wawancara siswa, (c) kendala guru dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD yaitu kurangnya durasi waktu dalam pembentukan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Kerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:26
Last Modified: 11 Jul 2025 03:26
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item