Lisda Salsabila, 20060404 (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA MATERI EKOSISTEM. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (453kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (81kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SD yang menggunakan media pembelajaran ular tangga; (2) kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran ular tangga; dan (3) kesulitan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran ular tangga. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain sequential explanatori
design. Lokasi penelitian dilakasanakan di SD LPPN Bandung. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 31 siswa. Data diperoleh dari tes (pretest dan posttest), lembar angket respon guru dan siswa, serta dokumentasi. Dari data yang kuantitatif yang diperoleh menunjukan ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas V dengan niali N-gain sebesar 0,640 maka dapat dikategorikan sedang. Adapun dari data kualitatif diperoleh hasil, dimana tidak ada
kesulitan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran ular tangga, begitupun dalam hasil angket respon guru yang menyatakan bahwa tidak ada kesulitan atau kendala dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, media ular tangga, ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/514 |