RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR PADA MATERI DONGENG NUSANTARA BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Linda Nurul Fauziah, 18060245 (2024) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN RODA BERPUTAR PADA MATERI DONGENG NUSANTARA BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstrak

Permasalahan yang berada dilapangan yaitu sebagian guru hanya melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional saja tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk
mengahasilkan sebuah produk yang layak, praktis serta efektif bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model dari Borg and Gall, subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI SDN
Pameuntasan 04. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pengembangan, dimulai studi literatur dan studi lapangan melalui proses wawancara serta observasi untuk mengetahui potensi serta masalah serta membuat rancangan awal
produk. 2) Menghasilkan produk Media Pembelajaran Roda Berputar Pada Materi Dongeng Nusantara Berbantuan Aplikasi Wordwall, ditinjau dari hasil nilai kelayakan oleh validator yang memperoleh nilai sangat layak. 3) Penggunaan
Media Pembelajaran Roda Berputar berbantuan Aplikasi Wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada uji terbatas memperoleh nilai gain 1 dan 0,71 pada uji luas yang artinya ada peningkatan pada kemampuan membaca
pemahaman. 4) Media pembelajaran roda berputar berbantuan wordwall disambut baik oleh siswa, hal ini dibuktikan dengan angket respon siswa yang memperoleh kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:10
Last Modified: 11 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item
View Item