Lena Purwanti, 22060285 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA KELAS II SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (809kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (855kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (785kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (629kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SD di Kota Bandung. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk melihat; 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II menggunakan model cooperative Learning tipe STAD, 2) Kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsepnya, 3) Kendala guru dalam menerapkan model cooperative Learning tipe STAD. Metode penelitian yang
digunakan adalah mix method dengan model explanatory sequential design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN Cangkuang 2. Subjek dalam penelitian ini adalah
25 siswa kelas II. Data diperoleh dari tes (pretest dan posttest), angket, observasi, dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari data kuantitatif adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian yang dilihat
dari pretest dan posttest dengan tes N-Gain berada pada kategori sedang dengan nilai presentase 60. Hasil yang diperoleh dari data kualitatif adalah siswa kesulitan
dalam menyelesaikan soal. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam penelitian ini adalah kendala dalam mengkondisikan kelas, memilih model pembelajaran dan media pembelajaran. Namun, kesulitan ini dapat diatasi dengan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemahaman konsep perkalian, Model cooperative Learning tipe STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 03:02 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/511 |