PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Koni Tati Oktaviani, 20060286 (2024) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir tingkat matematis yang termasuk ke dalam orisionalitas, elaborasi, kelancaran dan kelenturan, dimana berpikir kreatif juga merupakan kemampuan yang memerlukan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi mengingat kemampuan ini melibatkan kemampuan siswa dalam mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapi. Agar kreativitas siswa bisa terwujud sehingga dibutuhkan dorongan terhadap individu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan mengunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pecahan. kesulitan yang dihadapi siswa dan kesulitan yang dihadapi guru ketika kegiatan pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain penelitian sequental explanatory. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas III disalah satu SD, Kabupaten Bandung Barat dengan sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam peelitian ini yaitu instrumen tes dan nontes. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil jawaban pretest dan posttest terhadap kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh siswa. Untuk memperkuat hasil tersebut, maka dilakukan observasi, wawancara dan penyebaran angket siswa mengenai kesulitan guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran ini. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas III pada materi pecahan dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 11 Jul 2025 02:16
Last Modified: 11 Jul 2025 02:16
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item