Ineke Anggraeni, 18060464 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONIMONEY DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERIK MATERI NILAI PECAHAN MATA UANG SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (547kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (558kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (11kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15MB)
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi numerik siswa menggunakan media pembelajaran MoniMoney dengan menggunakan model Teams Games Tournament. Alasan utama dilakukannya penelitian ini dikarenakan
rendahnya tingkat literasi numerik pada materi nilai pecahan mata uang siswa sekolah dasar. Latar belakang rendahnya tingkat literasi numerik yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan serta model pembelajaran yang membosankan
atau monoton. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian menggunakan metode R&D yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian melalui catatan lapangan, lembar validasi ahli media, lembar
validasi materi, angket respon siswa, angket respon guru, dan instrumen tes belajar siswa. Hasil dari penelitian pengembangan media MoniMoney dengan menggunakan model Teams Games Tournament ini telah lulus divalidasi dan telah
di implementasikan kepada siswa kelas 2 sekolah dasar. Penelitian ini juga mendapatkan respon yang baik dari siswa maupun guru. berdasarkan hasil pretest
dan postest yang telah dilakukan mendapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran MoniMoney dengan bantuan model pembelajaran Teams Games Tournament terbukti dapat meningkatkan literasi numerik pada materi nilai pecahan
mata uang siswa kelas 2 sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran MoniMoney, Meningkatkan Literasi Numerik, Nilai Pecahan Mata Uang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:12 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:12 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/491 |