PEMBELAJARAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Indah Febrianti Salsabi, 17060316 (2024) PEMBELAJARAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model RME, persamaan dan perbedaan konsep pembelajaran kemampuan pemahaman dengan menggunakan model Realistic Matematics Education (RME), serta mengetahui relevansi model pembelajaran Realistic
Matematics Education (RME). Rendahnya kemampuan siswa dalam kemampuan pemecahan masalah materi penjumlahan dan pengurangan dikarenakan pembelajaran hanya terpusat pada guru dengan metode ceramah, media pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas, kurangnya siswa dalam
mengerjakan soal-soal latihan, dan siswa malu bertanya tentang materi yang belum dipahami. Hal inilah yang menyebabkan minat pada pembelajaran matematika siswa rendah. Penelitian ini menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research).Data sekunder atau studi literatur berdasarkan dua skripsi dan satu jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep,
persamaan dan perbedaan, serta relevansi penggunaan model Realistic Matematics Education (RME). Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) konsep kemampuan pemecahan masalah dengan penggunaan metode RME merupakan suatu konsep
pembelajaran yang dapat membantu peneliti menunjukkan hasil yang positif, yaitu dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan hasil belajar siswa, (2) terdapat perbedaan dan persamaan konsep kemampuan pemahaman dengan metode Realistic Matematics Education (RME) dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Metode Realistic Matematics Education (RME), Penjumlahan dan Pengurangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:47
Last Modified: 10 Jul 2025 02:47
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item
View Item