BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS II SD PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

IIS KURNIATI, 18060399 (2024) BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA KELAS II SD PADA MATERI PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (272kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of BAB III .pdf] Text
BAB III .pdf

Download (441kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SD Langensari di Cibeureum, sehingga diperlukan metode pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif metode yang
diterapkan yaitu dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk skenario dan implementasi pembelajaran berpikir kreatif matematik siswa Kelas II SD pada pembelajaran perkalian dengan menggunakan Pendekatan CTL. Respon guru dan siswa SD kelas II SD terhadap berpikir kreatif matematik pada pembelajaran perkalian dengan menggunakan Pendekatan CTL. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas II SD dalam menyelesaikan tugas-tugas perkalian, yang bertujuan untuk menggambarkan
upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran berpikir kreatif pada materi perkalian dengan menggunakan Pendekatan CTL, pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas II di salah satu SD di Cibeureum yang berjumlah 17 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa SD
Langensari Cibeureum meningkat dari sebelumnya, siswa lebih percaya diri, aktif, kreatif, kritis, tanggung jawab dan mandiri. Selain itu, pembelajaran juga menjadi menyenangkan, dan efektif. Respon guru dan siswanya pun sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:18
Last Modified: 10 Jul 2025 02:18
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item
View Item