PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITON (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Icha Dessyifa Putri, 20060219 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITON (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas III sebelum dilaksanakan penelitian. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah peningakatan kemampuan memabaca pemahaman, respon siswa dan kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model CIRC. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix mtehods dengan sequential explanatory design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca pemahaman siswa, angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas III di salah satu sekolah dasar yang ada di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan memabaca pemahaman siswa. Hal tersebut ditandai dengan perolehan rata-rata N-Gain yang berada pada
interpretasi sedang dengan nilai 0,69. Selain itu, angket respon siswa menunjukkan interpretasi sangat baik dengan perolehan rata-rata 9,3 dari skor maksimal 10 dengan persentase 93%. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu memerlukan waktu yang lebih banyak dan perbedaan kemampuan antar siswa dalam bekerja secara kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Integrated Reading Compotion (CIRC), Membaca Pemahamann
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:09
Last Modified: 10 Jul 2025 02:09
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item
View Item