IMAS AISAH, - (2024) EVALUASI CIPP (CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT) PROGRAM PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI MERDEKABELAJAR. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of 01 Cover Stambuk Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 Cover Stambuk Imas Aisah.pdf
Download (203kB)
![[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 Lembar Pengesahan Imas Aisah.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 Lembar Pernyataan Imas Aisah.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 04 Abstrak Imas Aisah Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 Abstrak Imas Aisah Aisah.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of 05 Kata Pengantar Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 Kata Pengantar Imas Aisah.pdf
Download (5kB)
![[thumbnail of 06 Daftar Isi Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 Daftar Isi Imas Aisah.pdf
Download (27kB)
![[thumbnail of 01 BAB I Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 BAB I Imas Aisah.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 02 BAB II Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 BAB II Imas Aisah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
![[thumbnail of 03 BAB III Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 BAB III Imas Aisah.pdf
Download (654kB)
![[thumbnail of 04 BAB IV Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB IV Imas Aisah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (605kB)
![[thumbnail of 05 BAB V Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB V Imas Aisah.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 06 Dftar Pustaka Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 Dftar Pustaka Imas Aisah.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of Lampiran-lampiran Imas Aisah.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran-lampiran Imas Aisah.pdf
Download (784kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah data tentang: 1) Hasil
evaluasi Context program pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD dalam
kontek implementasi merdeka belajar di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung; 2)
Hasil evaluasi Input program pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD dalam
kontek implementasi merdeka belajar di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung; 3)
Hasil evaluasi Process program pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD dalam
kontek implementasi merdeka belajar di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung; 4)
Hasil evaluasi Product program pelatihan peningkatan kompetensi guru PAUD dalam
kontek implementasi merdeka belajar di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.
Konsep yang dijadikan dasar dalam penelitian ini yaitu: konsep kompetensi guru
PAUD, konsep pelatihan guru, dan konsep evaluasi CIPP. Penelitian ini
menggunakan pendekatan mixed method dengan menggunakan exploratory
sequential design. Teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan adalah
wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan yang dilakukan pada peserta
program pelatihan, penyelenggara pelatihan, dan narasumber program pelatihan.
Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan menggunakan pretes postes. Hasil
penelitian menunjukan bahwa (1) Evaluasi konteks pelatihan peningkatan kompetensi
guru PAUD di Kecamatan Arcamanik menunjukkan bahwa kebijakan Merdeka
Belajar, tantangan sosial dan ekonomi, kebutuhan akan pelatihan berkelanjutan, serta
dukungan stakeholder adalah faktor kunci yang mempengaruhi efektivitas dan
keberlanjutan program tersebut, (2) Evaluasi input dari pelatihan peningkatan
kompetensi guru PAUD di Kecamatan Arcamanik menunjukkan bahwa, meskipun
ada komitmen kuat terhadap peningkatan, masih diperlukan investasi signifikan
dalam teknologi, penambahan pelatih, peningkatan fasilitas, dan dukungan
berkelanjutan untuk memperkuat implementasi program dan meningkatkan kualitas
pendidikan anak usia dini secara keseluruhan, (3) Hasil evaluasi proses pelatihan guru
PAUD di Kecamatan Arcamanik mengungkap bahwa pendekatan terstruktur yang
mengintegrasikan teori dan praktik, diiringi metode interaktif dan responsif, berhasil
mendukung implementasi efektif dari kebijakan Merdeka Belajar, meskipun
dihadapkan pada beberapa tantangan operasional dan variabilitas kebutuhan peserta,
(4) Hasil Evaluasi Product Pelatihan dalam penelitian ini membuktikan bahwa
pelatihan yang diberikan di Kecamatan Arcamanik berhasil secara signifikan
meningkatkan kompetensi guru PAUD. Hasil ini menegaskan bahwa produk
pelatihan
ini
efektif
dan
memberikan
rekomendasi
kuat
untuk
pengimplementasiannya di lokasi lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan
PAUD. Penelitian ini merekomendasikan agar penyelenggara pelatihan guru PAUD
harus terus memperbarui dan meningkatkan sumber daya serta materi pelatihan sesuai
dengan kebutuhan pendidikan yang dinamis. Sementara itu, pemerintah dan
masyarakat perlu mendukung inisiatif ini melalui peningkatan alokasi anggaran,
partisipasi aktif dalam program pendidikan, dan evaluasi kebijakan untuk memastikan
integrasi yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan, kompetensi guru PAUD, Merdeka belajar, evaluasi CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:51 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:51 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/48 |