PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD

Hemania Iskiwiyani, 19060283 (2024) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis narasi siswa dengan menggunakan model Inkuiri pada kelas V SD. Dengan menggunakan berbagai instrumen yaitu tes tulis, dan angket guru. Penelitian ini di lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi,
permasalahan yang terjadi ialah rendahnya keterampilan menulis siswa Sekolah Dasar. Penerapan Inkuiri di kelas V merupakan solusi dari sebuah permasalahan dalam keterampilan menulis peserta didik. Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang sangat memiliki pengaruh dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Mix
Method, subjek penelitian ini ialah kelas V SDN Cirawa, dengan teknik penilaian tindakan kelas dengan memberikan soal pretest dan postest. Adapun cara pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan wawancara terlebih dahulu
kepada guru kelas, terhadap kesulitan siswa dalam keterampilan menulis, kemudian pengaplikasian perangkat pembelajaran di kelas dengan menggunakan model Inkuiri, adapun lembar observasi dimana untuk mengetahui peneliti dalam menyampaikan perangkatan pembelajaran sesuai
atau tidak dengan model yang digunakan. Setelah melakukan penerapan pembelajaran yang berdasarkan RPP siswa mengisi angket respon, dan siswa diberikan soal postest untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Inkuiri. Dari hasil penelitian yang di
lakukan di kelas siswa melakukan pembelajaran dengan efektif, siswa sangat antusias dan aktif di dalam kelas dan peneliti dapat mengetahui gambaran keterampilan menulis di kelas V sekolah dasar dari yang sebelum menggunakan model Inkuiri dengan yang sudah menggunakan model tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Keterampilan Menulis, Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:07
Last Modified: 09 Jul 2025 07:07
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item
View Item