PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER,DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

GHINA NUR AZIZAH, 20060375 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER,DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V sekolah dasar melalui Model Pembelajaran RADEC berbantuan media kartu pintar. Penelitian ini menggunakan metode mix method
yang menggabungkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun desain yang digunakan adalah the sequential explanatory, yang dimana pengumpulan data
kuantitatif dilakukan dengan pretest-posttest, dan data kualitatif dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang bertempat di salah satu Kota Cimahi yang terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis secara kesuluruhan diketahui
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan perolehan nilai rata-rata pretest yaitu, 51,40 dan posttest yaitu 82,47.
Namun terdapat beberapa kesulitan siswa seperti dalam memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan dalam berdiskusi. Selain itu juga terdapat kesulitan yang
dialami guru yaitu waktu yang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RADEC, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 05:55
Last Modified: 09 Jul 2025 05:55
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item