GHINA NUR AZIZAH, 20060375 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER,DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (572kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (432kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V sekolah dasar melalui Model Pembelajaran RADEC berbantuan media kartu pintar. Penelitian ini menggunakan metode mix method
yang menggabungkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun desain yang digunakan adalah the sequential explanatory, yang dimana pengumpulan data
kuantitatif dilakukan dengan pretest-posttest, dan data kualitatif dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada pihak yang terkait. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang bertempat di salah satu Kota Cimahi yang terdiri dari 30 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis secara kesuluruhan diketahui
bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dengan perolehan nilai rata-rata pretest yaitu, 51,40 dan posttest yaitu 82,47.
Namun terdapat beberapa kesulitan siswa seperti dalam memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan dalam berdiskusi. Selain itu juga terdapat kesulitan yang
dialami guru yaitu waktu yang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RADEC, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 05:55 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/465 |