Firda Nurzanah, 20060210 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (444kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (592kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (635kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (423kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (342kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V, 2) respon siswa terkait pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan 3) kendala yang dialami guru selama
pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning yang digunakan dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method dengan desain Sequental Eksplanatory. Penelitian dilakukan di SDN Cilame dengan subjek siswa kelas V yang berjumlah 35 orang siswa. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Sementara data kualitatif diperoleh dari angket dan wawancara. Dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata awal 51 menjadi 88. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran sangat baik yang dapat dilihat dari banyaknya respon positif pada angket yang diberikan. Dari hasil wawancara yang diberikan pada guru, diketahui kesulitan yang dialami adalah sulit menanamkan kemandirian belajar pada siswa ketika menganalisis dan memecahkan
masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:55 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/453 |