FIRDA HAMMIDAH, 20060256 (2024) PENGGUNAAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (510kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (944kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (809kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (491kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (494kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18MB)
Abstrak
Kemampuan berfikir kritis merupakan aspek yang penting yang memungkinkan siswa dapat menemukan solusi alternatif dalam menyelesaikan masalah. Akan tetapi, pada kenyataannya meperlihatkan bahwa kemampuan tersebut belum
optimal pada para siswa, dimana salah satu hal yang menyebabkannya adalah kurangnya kesempatan para siswa untuk memanfaatkan kesempatan pembelajaran yang memungkinkan pengembangan kemampuan berfikir kritis. Maka dari itu,
penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas III SD. Metode penelitian campuran digunakan, sengan sujek penelitian berjumlah 30 siswa kelas III SDN Cipada. Data diperoleh melalui tes tertulis sebelum dan sesudah pembelajaran, serta angket respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berfikir kritis siswa setelah penerapan PBL, dengan persentase peningkatan yang mencapai 84.5%. respon siswa dan guru terhadap pembelajaran PBL juga positif, dengan respon mencapai persentase 89%. Namun, terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru di lapangan, termasuk keterbatasan waktu dan kesulitan dalam menemukan titik awal untuk membahas masalah dengan siswa, dengan faktor tersebut menyebabkan terhambatnya pembelajaran ketika sedang berlangsung, kurang maksimalnya penyampaian materi yang dilakukan guru. Kesimpulannya, model pembelajaran problem based learning efktif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis
siswa kelas III SD. Namun, perlu perhatian terhadap kendala yang dihadapi guru untuk memaksimalkan model pembelajaran ini pada siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berfikir kritis, Model problem based learning, sekolah dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:15 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/452 |