EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERCERITA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI

Entep Hamdillah Ghofur, - (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERCERITA BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan bahasa ekspresif anak usia dini kelompok B di PAUD KB Al
Ghofur belum sesuai dengan indicator kemampuan bahasa ekspresif termuat
dalam Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Tujuan penelitian menemukan
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif. Pencapaiannya
dengan pengembangkan media pembelajaran bercerita berbasis multimedia.
Penelitian
ini
menggunakan pendekatan mixed method. Implementasi
pembelajaran melalui uji coba tahap I dan II, metode preexperimental designs
yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, lembar ceklis, observasi, angket, dan studi
dokumentasi. Analisis data kualitatif untuk mendapatkan data empirik pada studi
pendahuluan dan kuantitatif uji pengaruh melalui software. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: a) pembelajaran materi bercerita menggunakan pendekatan
konvensional dan klasikal; b) media pembelajaran untuk meningkatkan bahasa
ekspresif dengan pembelajaran bercerita berbasis multimedia, dilakukan dengan
model penyelenggaraan selama empat pertemuan dan menyediakan porsi 30%
teori dan 70% praktik. Praktik efektif dilakukan dengan pelibatan semua anak
berpartisipasi secara aktif; c) media pembelajaran bercerita berbasis multimedia
efektif meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif; dan d) kendala pembelajaran
mencakup pemakaian pola pembelajaran konvensional, waktu pembelajaran yang
kurang, masalah biaya (pendanaan), muatan kurikulum yang belum berorientasi
pada peningkatan bahasa ekspresif anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bercerita, bahasa ekspresif, multimedia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:11
Last Modified: 03 Jun 2025 03:11
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item