FANNY ZAUHAR, 20060098 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (413kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of Pages from BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Pages from BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (735kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (311kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstrak
Riset ini bertujuan guna memastikan bagaimana paradigma PBL diterapkan pada kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas V. Riset ini juga akan mengkaji tantangan yang dihadapi guru dan siswa saat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dan bagaimana pendekatan tersebut bisa
diterapkan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa SD di kelas V. Studi ini menggunakan metode mix methode dengan desain sequential explanatory. Sebanyak 30 siswa dari kelas V SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 adalah subjek penelitian ini. Pada riset ini, data dikumpulkan dengan observasi guru, wawancara, kuesioner, dan tes (pretest dan posttest).
Menurut temuan kuantitatif, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari skor rerata awal 49,3 menjadi 80, sedangkan hasil kualitatif yang didasarkan pada kuesioner respons siswa menunjukkan penurunan pada area ini, menunjukkan bahwa hanya 50% hingga 70% siswa mengikuti kegiatan, dan guru menghadapi kesulitan untuk memusatkan perhatian
mereka pada siswa dalam situasi kelas yang tidak menyenangkan. Namun, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru dan siswa mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Siswa kelas V. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:18 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:18 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/443 |