PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

FANNY ZAUHAR, 20060098 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of Pages from BAB III.pdf] Text
Pages from BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Riset ini bertujuan guna memastikan bagaimana paradigma PBL diterapkan pada kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas V. Riset ini juga akan mengkaji tantangan yang dihadapi guru dan siswa saat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dan bagaimana pendekatan tersebut bisa
diterapkan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa SD di kelas V. Studi ini menggunakan metode mix methode dengan desain sequential explanatory. Sebanyak 30 siswa dari kelas V SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 adalah subjek penelitian ini. Pada riset ini, data dikumpulkan dengan observasi guru, wawancara, kuesioner, dan tes (pretest dan posttest).
Menurut temuan kuantitatif, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari skor rerata awal 49,3 menjadi 80, sedangkan hasil kualitatif yang didasarkan pada kuesioner respons siswa menunjukkan penurunan pada area ini, menunjukkan bahwa hanya 50% hingga 70% siswa mengikuti kegiatan, dan guru menghadapi kesulitan untuk memusatkan perhatian
mereka pada siswa dalam situasi kelas yang tidak menyenangkan. Namun, hasil wawancara menunjukkan bahwa guru dan siswa mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Siswa kelas V.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:18
Last Modified: 08 Jul 2025 06:18
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item