EFEKTIVITAS PROGRAM EDUKASI POSITIVE PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Ely Kusmiatiningsih, - (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM EDUKASI POSITIVE PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI ORANGTUA DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover Tesis Ely.pdf] Text
01 Cover Tesis Ely.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 02 Pengesahan Ely.pdf] Text
02 Pengesahan Ely.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 03 Lember Pernyataan Bermaterai Ely.pdf] Text
03 Lember Pernyataan Bermaterai Ely.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 04 ABSTRACT Ely.pdf] Text
04 ABSTRACT Ely.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR Ely.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR Ely.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR ISI Ely.pdf] Text
06 DAFTAR ISI Ely.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 01 BAB I  Ely.pdf] Text
01 BAB I Ely.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 02 BAB II Ely.pdf] Text
02 BAB II Ely.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of 03 BAB III  Ely.pdf] Text
03 BAB III Ely.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 04 BAB IV Ely.pdf] Text
04 BAB IV Ely.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 05 BAB V Ely.pdf] Text
05 BAB V Ely.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 06 DAFTAR PUSTAKA Ely.pdf] Text
06 DAFTAR PUSTAKA Ely.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah data tentang: 1) proses proses implementasi
program edukasi positive parenting untuk meningkatkan Kompetensi Orang Tua dalam
Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini di Kober Attinidi Kota Bandung; 2) efektivitas program
edukasi positive parenting untuk meningkatkan Kompetensi Orang Tua dalam Menumbuhkan
Kemandirian Anak Usia Dini di Kober Attinidi Kota Bandung; 3) factor pendukung dan factor
penghambat program edukasi untuk meningkatkan Kompetensi Orang Tua dalam Menumbuhkan
Kemandirian Anak Usia Dini di Kober Attinidi Kota Bandung. Konsep yang dijadikan dasar dalam
penelitian ini yaitu: konsep parenting positif, kompetensi pengasuhan orangtua, dan konsep
perkembangan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method
dengan menggunakan exploratory sequential design. Teknik pengumpulan data kualitatif yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kepustakaan yang dilakukan pada peserta
program edukasi, penyelenggara program, dan narasumber program edukasi parenting positif. Teknik
pengumpulan data kuantitatif dilakukan menggunakan pretes postes. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) Proses implementasi edukasi parenting positif, sebagaimana dieksplorasi dalam penelitian
ini, mengungkapkan suatu pendekatan yang sistematis dan reflektif terhadap pembelajaran orang tua.
(2) Peningkatan rata-rata skor dari pretest ke posttest menunjukkan bahwa program ini efektif dalam
meningkatkan keterampilan parenting, khususnya dalam konteks menumbuhkan kemandirian anak.
(3) terdapat 5 faktor pendukung program edukasi parenting positif untuk meningkatkan kompetensi
orangtua yaitu komitmen peserta, dukungan keluarga, relevansi materi program, interaksi dengan
fasilitator yang efektif, dan lingkungan belajar yang mendukung. Sedangkan factor penghambat
program mencakup keterbatasan waktu, konflik dalam pendekatan parenting, dan Kesenjangan antara
Teori dan Praktik. Penelitian ini merekomendasikan agar orangtua didorong untuk berpartisipasi
dalam program ini untuk meningkatkan keterampilan pengasuhan mereka, khususnya dalam
mendukung kemandirian anak. Penelitian Masa Depan harus mengeksplorasi penerapan program ini
dalam berbagai setting budaya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Parenting Positif, Kompetensi Orangtua, Kemandirian Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:59
Last Modified: 03 Jun 2025 02:59
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item
View Item