FAIRUZ AKMAL MAULANA, 20060409 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (594kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (274kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, yang diidentifikasi melalui observasi dan wawancara dengan guru. Tujuan penelitian adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, respon siswa, serta kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Menggunakan metode mixed method dengan the Sequential Explanatory Design, penelitian ini melibatkan 16 siswa kelas V MI Tazkya. Hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0.76 yang berada pada interpretasi "Tinggi", dan skor
angket siswa rata-rata 82 yang berada pada kategori "Sangat Tinggi". Kendala siswa meliputi kesulitan mengidentifikasi permasalahan, kurang kerja sama, kurang fokus, dan kurang percaya diri. Guru menghadapi kesulitan dengan fokus siswa,
pengorganisasian kelompok, menumbuhkan rasa percaya diri, dan pemahaman materi. Kesimpulannya, model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Pelajaran IPS, Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:31 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:31 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/439 |