PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

FAIRUZ AKMAL MAULANA, 20060409 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DALAM MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, yang diidentifikasi melalui observasi dan wawancara dengan guru. Tujuan penelitian adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, respon siswa, serta kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Menggunakan metode mixed method dengan the Sequential Explanatory Design, penelitian ini melibatkan 16 siswa kelas V MI Tazkya. Hasil uji rata-rata N-Gain menunjukkan nilai 0.76 yang berada pada interpretasi "Tinggi", dan skor
angket siswa rata-rata 82 yang berada pada kategori "Sangat Tinggi". Kendala siswa meliputi kesulitan mengidentifikasi permasalahan, kurang kerja sama, kurang fokus, dan kurang percaya diri. Guru menghadapi kesulitan dengan fokus siswa,
pengorganisasian kelompok, menumbuhkan rasa percaya diri, dan pemahaman materi. Kesimpulannya, model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Pelajaran IPS, Kelas V Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:31
Last Modified: 08 Jul 2025 03:31
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item