PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Enung Kartiwi, 22060363 (2024) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of 02 BAB I Enung.pdf] Text
02 BAB I Enung.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 03 BAB II Enung.pdf] Text
03 BAB II Enung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of 04 BAB III Enung.pdf] Text
04 BAB III Enung.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Enung.pdf] Text
05 BAB IV Enung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06 BAB V Enung.pdf] Text
06 BAB V Enung.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Enung.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Enung.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa ketika diterapkannya metode Role Playing dalam pembelajaan. Hal
tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan erhitung perkalian kelas sebesar 89,07 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar
100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 95,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 5,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:11
Last Modified: 08 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item
View Item