ENDANG, 19060167 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of BAB II .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (568kB)
![[thumbnail of BAB IV .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V .pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN .pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model
pembelajaran project-based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Menggunakan desain sequential explanatory design, penelitian ini melibatkan 30 siswa sebagai subjek. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Namun, analisis kualitatif
mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam penerapan model ini, seperti kesulitan dalam mengomunikasikan pemahaman konsep dan mengelola kelas. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa project-based learning memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Namun, keberhasilan penerapan model ini sangat bergantung pada persiapan yang matang, pelatihan guru, serta dukungan lingkungan sekolah. Penelitian ini menyarankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengatasi kendala
yang ditemukan dan mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam implementasi project-based learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project-based learning, pemahaman konsep, IPA, siswa SD, desain penelitian, analisis kuantitatif, analisis kualitatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:44 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:44 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/433 |