PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V

ENDANG, 19060167 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA SD KELAS V. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of BAB IV .pdf] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (251kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA .pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (293kB)
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model
pembelajaran project-based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Menggunakan desain sequential explanatory design, penelitian ini melibatkan 30 siswa sebagai subjek. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata post-test dibandingkan pre-test. Namun, analisis kualitatif
mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam penerapan model ini, seperti kesulitan dalam mengomunikasikan pemahaman konsep dan mengelola kelas. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa project-based learning memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Namun, keberhasilan penerapan model ini sangat bergantung pada persiapan yang matang, pelatihan guru, serta dukungan lingkungan sekolah. Penelitian ini menyarankan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengatasi kendala
yang ditemukan dan mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam implementasi project-based learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: project-based learning, pemahaman konsep, IPA, siswa SD, desain penelitian, analisis kuantitatif, analisis kualitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:44
Last Modified: 08 Jul 2025 02:44
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item
View Item