PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ELI ROSA LATIPAH, 20060380 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I ELI.pdf] Text
BAB I ELI.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB II ELI.pdf] Text
BAB II ELI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of BAB III ELI.pdf] Text
BAB III ELI.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB IV ELI.pdf] Text
BAB IV ELI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[thumbnail of BAB V ELI.pdf] Text
BAB V ELI.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA ELI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA ELI.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of LAMPIRAN ELI.pdf] Text
LAMPIRAN ELI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini meneliti tentang penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan
menulis karangan deskripsi siswa, Kesulitan siswa dan Guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa sekolah dasar kelas 5. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa dalam menulis karangan deskripsi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Mixed methods research design (rancangan penelitian metode campuran) merupakan suatu prosedur dalam mengumpulkan, menganalisis, dan “mencampur” metode kuantitaif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan dalam penelitian, dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa sekolah dasar di kelas 5. Perolehan rata-rata nilai pretest siswa adalah 62,02 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 66, sementara itu rata-rata nilai pada posttest adalah 82,88 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 95. Dari hasil analisis ini terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest dengan selisih 26. Berdasarkan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V dapat meningkat
melalui penerapan Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Nilai pretest maupun posttest keduanya lebih besar dari 0,05. Dengan demikian kedua data dinyatakan berdistribusi normal. Hipotesis yang berlaku adalah hipotesis yang pertama yakni Ho diterima sementara Hl di tolak, artinya data berasal dari sampel yang berdistribusi normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:24
Last Modified: 07 Jul 2025 08:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item