PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA KELOMPOK B

DIVA FADHILAH OKTAVIA, 20070010 (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstrak

Kemampuan kolaborasi merupakan kemampuan abad 21st learning and innovation skills yang perlu distimulasi sejak usia dini. Kemampuan kolaborasi pada anak usia dini adalah kemampuan untuk dapat berinteraksi dan aktif untuk bekerjasama dengan teman dan menjalin hubungan baik dalam menyelesaikan suatu tujuan bersama. Namun, berdasarkan penemuan di lapangan kemampuan kolaborasi pada anak usia Kelompok B masih terbatas. Adapun solusi yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, karena pembelajaran ini lebih interaktif, dapat memberi kesempatan belajar langsung
melalui eksplorasi, bertukar pikiran dan kerjasama kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan sequential explanatory design, yaitu mengumpulkan data dan analisis data kuantitatif, lalu mengumpulkan dan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 14 anak usia Kelompok B (usia 5-6 tahun) di Pos PAUD Aster Assalam. Indikator penilaian kemampuan kolaborasi dalam
penelitian yaitu: (1) Anak mampu berkelompok dan bekerjasama dalam kegiatan proyek. (2) Anak mampu berbagi tugas dalam kegiatan proyek. (3) Anak mampu membantu teman yang kesulitan dalam kegiatan proyek. (4) Anak mampu mengikuti kesepakatan dalam kegiatan proyek. (5) Anak mampu berdiskusi selama kegiatan proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama observasi berlangsung dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir terdapat peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kolaborasi, Pembelajaran Berbasis Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:50
Last Modified: 07 Jul 2025 06:50
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item