EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN IPS

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKAT, 20060351 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V MATA PELAJARAN IPS. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (553kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya literasi peserta didik, kefokusan dalam bertanya, kemampuan menyimpulkan, dan penyelesaian masalah dalam
pembelajaran IPS. Kondisi ini terjadi karena guru hanya menulis di papan tulis dan masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah model
pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ini, respons peserta didik, dan kesulitan yang
dialami oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas V di salah satu SD Swasta di Kecamatan Soreang. Instrumen penelitian ini terdiri dari soal pretest, post test, angket, dan lembar wawancara. Hasil dari pengembangan bahan ajar ini menunjukkan progres yang baik. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan dengan nilai sebesar 0,43 yang dikategorikan sedang. Data kualitatif menunjukkan nilai rata-rata presentase 78% dengan interpretasi baik. Angket guru menunjukkan nilai rata-rata 82,5%, yang
menunjukkan kemampuan untuk mengurangi kesulitan guru. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning efektif digunakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, IPS, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:39
Last Modified: 07 Jul 2025 06:41
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item
View Item