Dian Handriani, 20060024 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (271kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (172kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar melalui model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL), respon siswa SD kelas IV terhadap pembelajaran menggunakan model PBL dan kendala-kendala yang dihadapi guru pada saat mengimplementasian pembelajaran dengan menggunakan model PBL Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan eksplanatori sekuensial di sebuah SD swasta di Cimahi Selatan. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas IV tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes tulis, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas IV, dari rata-rata 2,95 sebelum penerapan model PBL menjadi 10,9 setelah penerapan model PBL. Dari angket, 79% siswa memberikan respon positif dan 21% respon negatif. Berdasarkan wawancara, guru mengalami kesulitan dalam pengaturan waktu karena penerapan model PBL membutuhkan persiapan yang lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:55 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:55 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/415 |