PENGGUNAAN METODE Struktural Analitik Sintetik (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR

Dhearanty Amanda, 22060385 (2024) PENGGUNAAN METODE Struktural Analitik Sintetik (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 01 BAB I Dhea.pdf] Text
01 BAB I Dhea.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 02 BAB II Dhea.pdf] Text
02 BAB II Dhea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of 03 BAB III Dhea.pdf] Text
03 BAB III Dhea.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 04 BAB IV Dhea.pdf] Text
04 BAB IV Dhea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 05 BAB V Dhea.pdf] Text
05 BAB V Dhea.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 06 Daftar Pustaka Dhea.pdf] Text
06 Daftar Pustaka Dhea.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of LAMPIRAN Dhea.pdf] Text
LAMPIRAN Dhea.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan
menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca
permulaan siswa ketika diterapkannya metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan kelas sebesar 90,42 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 55. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum
dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:26
Last Modified: 07 Jul 2025 03:26
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item