Dhearanty Amanda, 22060385 (2024) PENGGUNAAN METODE Struktural Analitik Sintetik (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 01 BAB I Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 BAB I Dhea.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of 02 BAB II Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 BAB II Dhea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
![[thumbnail of 03 BAB III Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 BAB III Dhea.pdf
Download (540kB)
![[thumbnail of 04 BAB IV Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB IV Dhea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of 05 BAB V Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB V Dhea.pdf
Download (155kB)
![[thumbnail of 06 Daftar Pustaka Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 Daftar Pustaka Dhea.pdf
Download (370kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN Dhea.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN Dhea.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan
menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca
permulaan siswa ketika diterapkannya metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan kelas sebesar 90,42 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 55. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum
dan 4,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:26 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/413 |