DEWI YULIYANTI, 22060069 (2024) PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN HARAPAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (116kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (199kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran terhadap pemahaman konsep IPA pada materi gaya pada siswa sekolah dasar kelas IV dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilaksanakan disalah satu sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat dengan
subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Proses pembelajaran disalah satu sekolah dasar di Kabupaten Bandung Barat memiliki permasalahan dalam pembelajaran IPA materi gaya yaitu keterbatasan pada media pembelajaran.
Penggunaan model dalam pembelajaran tersebut adalah salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa dan menciptakan kegiatan pembelajaran agar lebih bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Method. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning untuk
meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi gaya sangat baik. Peneliti menyimpulkan model Contextual Teaching and Learning sangat cocok untuk pembelajaran IPA materi gaya siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Pemahaman Konsep IPA, Materi Gaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:12 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:12 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/412 |