PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMAPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN SENI DAN BUDAYA SISWA KELA 3 SEKOLAH DASAR

Delfina Elva Ginanti, 2006036 (2024) PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) UNTUK MENINGKATAKAN KEMAMAPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN SENI DAN BUDAYA SISWA KELA 3 SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang masih belum mampu mengembangkan sikap kreativitasnya dalam pembelajaran Seni dan Budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Seni dan Budaya menggunakan model guided discovery learning, mengetahui kesulitan siswa, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan model guided discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan design explanatory sequential. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 di salah satu sekolah dasar negeri yang berada di Kota Bandung yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu (pretest–posttest), lembar angket, dan lembar wawancara. Hasil dari data kuantitatif diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan nilai rata-rata awal 70 menjadi 84. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Seni dan Budaya. Kesulitan siswa kelas 3 dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Seni dan Budaya belum memahami secara jelas materi dan bentuk apa yang ingin dituangkan pada lembar kerjanya, dan hasil wawancara serta angket guru menunjukkan guru mengalami kendala ketika menyampaikan pembelajaran yang berpusat pada student centered. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas 3 SD dengan menggunakan model guided discovery learning pada materi karya seni 2 dimensi menggunakan elemen seni rupa membuat mozaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery Learning, Berpikir Kreatif, Siswa Kelas 3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 04:53
Last Modified: 05 Jul 2025 04:53
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item
View Item