RANCANG BANGUN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD

Cica Rosida, 18060212 (2024) RANCANG BANGUN MEDIA FLASHCARD MENGGUNAKAN METODE SCRAMBLE BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan dari hasil survey lapangan di sekolah dasar, ditemukan rendahnya keterampilan membaca permulaan di kelas 1 sekolah dasar. Hal tersebut
berdasarkan hasil wawancara guru kelas I sebelum penelitian yang menyebutkan bahwa sebagian besar siswa belum bisa menunjukan semua huruf alfabet dengan tepat pada
membaca permulaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses rancang bangun media flascard,hasil kelayakan rancang bangun media
flascard,respon siswa terhadap rancang bangun media flascard dan apakah terdapat peningkatan pada keterampilan membaca permulaan melalui rancang bangun media flascard menggunakan metode scramble berbantuan aplikasi canva.Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 9 langkah. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian yaitu angket, observasi, dan tes.Hasil dari penelitian adalah:1) Proses rancang bangun media flascard 2) media dinyatakan sangat layak
berdasarkan penilaian ahli dengan memperoleh persentase validator ahli media sebesar 51 mendapatkan persentase sebesar 85 % sedangkan skor yang diperoleh dari
validator ahli materi sebesar 42 mendapatkan persentase sebesar 87 %;3) respon siswa siswa terhadap rancang bangun media flascard pada uji coba terbatas
mendapatkan persentase sebesar 85 % dan pada uji coba luas mendapatkan persentase sebesar 89 % termasuk dalam kategori sangat baik;4) peningkatan terhadap keterampilan membaca permulaan ditandai dengan perolehan rata-rata N-Gain
pada uji coba terbatas dan uji coba luas mendapatkan hasil pada rentang 0,30 < N-gain < 0,70 termasuk dalam kategori peningkat sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Flascard,Metode scramble,Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:29
Last Modified: 05 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item