PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN GAME MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA

CHANDRA SUKMAWATI, 22060403 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN GAME MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPA. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of Bab I Chandra.pdf] Text
Bab I Chandra.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of Bab II Chandra.pdf] Text
Bab II Chandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab III Chandra.pdf] Text
Bab III Chandra.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Bab IV chandra.pdf] Text
Bab IV chandra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB V Chandra.pdf] Text
BAB V Chandra.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Chandra.pdf] Text
Daftar Pustaka Chandra.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of lampiran all.pdf] Text
lampiran all.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team Game tournament berbantuan Game monopoli untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang
digunakan adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV salah satu Sekolah
Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ketika diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe team Game tournament berbantuan Game monopoli dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan
berpikir kritis kelas sebesar 86,56 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 99 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 92,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 8,0% siswa mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Game Monopoli
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 05 Jul 2025 03:07
Last Modified: 05 Jul 2025 03:07
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item
View Item