MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PAUD MELALUI PROGRAM PELATIHAN MEDIA AJAR MAGIC BOX

Atit Kurniawati, - (2024) MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PAUD MELALUI PROGRAM PELATIHAN MEDIA AJAR MAGIC BOX. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER Atit.pdf] Text
01 COVER Atit.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan Atit.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan Atit.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 03 Lembar Pernyataan Atit.pdf] Text
03 Lembar Pernyataan Atit.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 04 Abstrak Atit.pdf] Text
04 Abstrak Atit.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 05 Kata Pengantar Atit.pdf] Text
05 Kata Pengantar Atit.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 06 Daftar Isi Atit.pdf] Text
06 Daftar Isi Atit.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of BAB I Atit.pdf] Text
BAB I Atit.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of BAB II Atit.pdf] Text
BAB II Atit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[thumbnail of BAB III Atit.pdf] Text
BAB III Atit.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of BAB IV Atit.pdf] Text
BAB IV Atit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V Atit.pdf] Text
BAB V Atit.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Atit.pdf] Text
Daftar Pustaka Atit.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of Lampiran-Lampiran.pdf] Text
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah implementasi
program pelatihan media ajar Magic Box untuk meningkatkan kreativitas guru paud
di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung, efektivitas program pelatihan media ajar
magic box, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Konsep yang dijadikan dasar
dalam penelitian ini yaitu: konsep pelatihan, konsep kreativitas guru, dan konsep
media ajar anak usia dini. Pendekatan yang digunakan mixed method dengan desain
exploratory sequential. Data kualitatif yang digunakan adalah wawancara, observasi,
dokumentasi dan studi pustaka yang dilakukan pada peserta program pelatihan,
penyelenggara program, dan narasumber program pelatihan pembuatan media ajar
Magic Box, sedangkan data kuantitatif dilakukan menggunakan pretes postes. Hasil
penelitian menunjukan bahwa (1) Pelaksanaan program melibatkan kolaborasi efektif
antara peserta dan fasilitator, serta konten pelatihan relevan dengan kebutuhan guru
PAUD. Dukungan institusional dan interaksi positif antara peserta juga menjadi
faktor kunci dalam keberhasilan pelatihan. (2) Program pelatihan "Magic Box"
terbukti memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kreativitas guru. (3) Faktor
pendukung mencakup tujuan yang jelas, antusiasme peserta, sumber daya manusia
yang beragam, serta metode pengajaran yang interaktif. Sebaliknya penghambat
meliputi keterbatasan sumber daya fisik, bahan yang tidak lengkap, pendanaan
terbatas, kurangnya kolaborasi eksternal, dan tantangan dalam pembelajaran
berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatkan alokasi anggaran dan
sumber daya untuk program pelatihan, serta memperkuat kerjasama dengan lembaga
pendidikan dan mitra terkait untuk menyediakan fasilitas dan sumber daya yang
diperlukan. Penelitian Masa Depan dapat mengeksplorasi lebih lanjut faktor-faktor
yang mempengaruhi efektivitas program pelatihan, termasuk dukungan sosial dan
budaya, serta keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak-anak PAUD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Guru PAUD, Media Ajar Magic Box, Kreativitas Guru PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:14
Last Modified: 03 Jun 2025 02:14
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item
View Item