PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Budi Karsena Setiady, 22060366 (2024) PENGGUNAAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 02 BAB I Budi Karsena.pdf] Text
02 BAB I Budi Karsena.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 03 BAB II Budi Karsena.pdf] Text
03 BAB II Budi Karsena.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of 04 BAB III Budi Karsena.pdf] Text
04 BAB III Budi Karsena.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Budi Karsena.pdf] Text
05 BAB IV Budi Karsena.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06 BAB V Budi Karsena.pdf] Text
06 BAB V Budi Karsena.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Budi Karsena.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Budi Karsena.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Budi Karsena.pdf] Text
08 Lampiran Hasil Budi Karsena.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan model picture and picture
menggunakan kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis
permulaan siswa Kelas II Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan
adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial
eksplanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II salah satu Sekolah
Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang yang terdiri dari
14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta
angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
peningkatan kemampuan menulis permulaan siswa ketika diterapkannya model
picture and picture menggunakan kartu kata bergambar dalam pembelajaran. Hal
tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan menulis permulaan kelas
sebesar 87,73 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar
100 dan nilai terendah sebesar 55. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,0%
siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 4,0% siswa
mendapatkan nilai dibawah kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis permulaan, Model Picture and Picture Menggunakan Kartu Kata Bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:26
Last Modified: 04 Jul 2025 07:46
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item