PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Badriyah, 22060362 (2024) PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 02 BAB I Badriyah.pdf] Text
02 BAB I Badriyah.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 03 BAB II Badriyah.pdf] Text
03 BAB II Badriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of 04 BAB III Badriyah.pdf] Text
04 BAB III Badriyah.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 05 BAB IV Badriyah.pdf] Text
05 BAB IV Badriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 06 BAB V Badriyah.pdf] Text
06 BAB V Badriyah.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 07 Daftar Pustaka Badriyah.pdf] Text
07 Daftar Pustaka Badriyah.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 08 Lampiran Hasil Penelitian.pdf] Text
08 Lampiran Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[thumbnail of 09 Lampiran-lampiran.pdf] Text
09 Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan model kontekstual berbantuan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods dengan menggunakan desain penelitian sequensial eksplanatory.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal pretest dan posttest, serta angket wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa ketika diterapkannya model kontekstual berbantuan media Big Book dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata
rata kemampuan membaca permulaan kelas sebesar 89,11 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. ketuntasan belajar siswa menunjukan 93,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 7,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Model Kontekstual Berbantuan Media Big Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 04 Jul 2025 07:16
Last Modified: 04 Jul 2025 07:54
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item
View Item