MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING

Adiska Nadiyah Lathifah, 15510050 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SERTA SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of COVER DLL.pdf] Text
COVER DLL.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A.pdf] Text
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah kemampuan pemahaman matematis serta self-regulated learning siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik, implementasi pembelajaranyang menggunakan pendekatan problem posing di lapangan dan kesulitan siswa menyelesaikan soal kemampuam pemahaman matematis. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pilihan sampel secara acak kelas, dimana kelas yang satu pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing dan kelas lain pembelajarannya menggunakan pendekatan
saintifik. Populasinya merupakan seluruh siswa kelas VII SMP di Kabupaten Bandung Barat dengan sampel dua kelas VII yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen yang
digunakan yaitu lima soal uraian kemampuan pemahaman matematis pada materi aritmatika sosial dan tiga puluh pernyataan self-regulated learning dengan menggunakan skala Likert untuk melihat kemampuan pemahaman serta selfregulated
learning matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman dan self-regulated learning matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing lebih baik daripada
siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik; 2) Implementasi pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem posing terlaksana cukup baik; 3) Kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman matematis terdapat pada indikator yang pertama yaitu mengingat dan menerapkan rumus secara rutin, perhitungan sederhana dan indikator yang kedua yaitu relasional, mengaitkan suatu konsep/prinsip dengan konsep/prinsip lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-regulated Learning, Pendekatan Problem Posing, Pendekatan Saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:19
Last Modified: 04 Jul 2025 02:19
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item