MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIST ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYAWISATA

Meida panjaitan, 15070064 (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIST ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYAWISATA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 1. Bab 1.pdf] Text
1. Bab 1.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 2. Bab II.pdf] Text
2. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of 3. Bab III.pdf] Text
3. Bab III.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 4. Bab IV.pdf] Text
4. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[thumbnail of 5. Bab V.pdf] Text
5. Bab V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)

Abstrak

Kecerdasan naturalis pada anak usia dini adalah kemampuan untuk mengungkapkan,membedakan, mengenali, dan Mengklasifikasikan berbagai spesies flora dan fauna juga terhadap apa yang dijumpai di alam maupun di lingkungannya. Metode Karyawisata merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan dilapangan dimana setiap anak-anak dapat langsung mengamati hewan, tumbuhan, dan dapat mengobservasi secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dan teknik purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 22 anak pada jenjang TK A yang berusia 4-5 tahun. Melalui rangkaian proses penelitian ini maka diperoleh data bahwa metode karyawisata mampu meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini. Dengan demikian, kecerdasan naturalis anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain
sambil belajar melalui metode karyawisata. Berdasarkan data observasi anak ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode karyawisata terhadap kecerdasan naturalis. Dengan metode Karyawisata dapat meningkatkan kreatifitas anak terhadap objek yang berkaitan, memperluan wawasan, menambah pengetahuan, dan anak dapat bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Agar tercapainya suatu pembelajaran yang baik, maka setiap pembelajaran harus dilakukan dengan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Majemuk, Kecerdasan Naturalis, Metode Karyawisata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:13
Last Modified: 03 Jul 2025 06:13
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item