MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY

YANI EKA SAPITRI, 17102026 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTs MELALUI PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN HANDS ON ACTIVITY. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah masalah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik serta kepercayaan diri siswa MTs antara yang menggunakan pendekatan problem-based learning berbantuan Hands On Activity dengan menggunakan pendekatan problem-based learning saja. Penelitian ini merupakan penelitian kuasai eksperimen dengan desain tes pretest dan posttes. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling karena anggota sampel dipilih secara
acak kelas yaitu terdiri dari 32 siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 31 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data adalah tes dan nontes, instrument tes mencakup tes kemampauan pemecahan masalah dan komunikasi matematik sedangkan non-tes mencakup tes skala kepercayaan diri siswa. Data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data,
rata-rata hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Begitu juga untuk rata-rata hasil belajar kemampuan komunikasi matematik siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Kepercayaan diri siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa
kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem-based leraning berbantuan hands on activity dan siswa yang
pembelajarannya menggunakan pendekatan problem-based learning saja. Perbedaan ini membuktikan bahwa penggunaan pendekatan problem-based leraning berbantuan hands on activity terdapat hasil belajar siswa lebih baik
dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan problem-based learning saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Hands On Activity, kemampuan pemecahan masalah matematik, kemampuan komunikasi matematik, kepercayaan diri siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:20
Last Modified: 02 Jul 2025 06:20
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item
View Item