MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING

RAHMAN DANI, 17102009 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SERTA DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM SOLVING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah masalah pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis serta disposisi matematis Siswa SMK antara yang melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan problem solving dengan pembelajaran saintifik saja, menelaah asosiasi antar variabel dan gambaran kinerja siswa, serta kesulitan siswa mengerjakan soal kemampuan pemahaman dan
berpikir kritis matematis. Penilitian ini merupakan penilitian kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes, instrumen tes mencakup tes
kemampuan pemahaman dan berpikir kritis matematis sedangkan nontes mencakup tes skala sikap disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan problem solving lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran saintifik saja . Disposisi matematis siswa pada kelas melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan
problem solving lebih baik daripada siswa pada kelas dengan pembelajaran saintifik saja. Terdapat asosiasi yang rendah antara kemampuan pemahaman dengan berpikir kritis matematis, tidak terdapat asosiasi antara kemampuan pemahaman matematis
dengan disposisi matematis, serta asosiasi yang kuat antara kemampun berpikir kritis matematis dengan disposisi matematis. Gambaran kinerja siswa secara keseluruhan melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan problem solving
lebih unggul dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil tersebut membuktikan bahwa melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan problem solving lebih baik daripada pembelajaran saintifik saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik melalui Problem Solving, Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:56
Last Modified: 02 Jul 2025 02:56
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item
View Item