PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

MUHAMMAD YUSUF FIRDAUS, 17102028 (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Studi awal pada suatu SMA di Kabupaten Bandung menunjukan bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik serta kebutuhan pendidikan matematika masa kini dan masa yang akan datang yang tidak akan terlepas dari teknologi, sehinga diperlukan strategi pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model PBL (Problem Based Learning) Berbantuan ICT (Information and Communication Technologies). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif tentang peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematik serta motivasi belajar matematik Siswa Sekolah Menengah Atas melalui model PBL berbantuan ICT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest posttest, dimana pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas yang diteliti diberi tes. Populasi penelitian
ini adalah seluruh SMA di Kabupaten Bandung, sedangkan sampelnya adalah salah satu SMA di Kabupaten Bandung, sampel kelas dipilih secara tidak acak kelas, diperoleh kelas X1 IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai
kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 26 siswa. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan ICT, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian yang berjumlah 5 soal pemecahan masalah dan 5 soal komunikasi matematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik dengan menggunakan model PBL Berbantuan ICT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran saintifik, selain itu juga tidak terdapat assosiasi antara kemampuan pemecahan
masalah, komunikasi matematik dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar, PBL Berbantuan ICT.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:46
Last Modified: 02 Jul 2025 02:46
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item
View Item