MUHAMMAD YUSUF FIRDAUS, 17102028 (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (990kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (16kB)
![[thumbnail of DAPUS.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAPUS.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak
Studi awal pada suatu SMA di Kabupaten Bandung menunjukan bahwa rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik serta kebutuhan pendidikan matematika masa kini dan masa yang akan datang yang tidak akan terlepas dari teknologi, sehinga diperlukan strategi pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model PBL (Problem Based Learning) Berbantuan ICT (Information and Communication Technologies). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif tentang peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematik serta motivasi belajar matematik Siswa Sekolah Menengah Atas melalui model PBL berbantuan ICT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest posttest, dimana pada awal dan akhir pembelajaran kedua kelas yang diteliti diberi tes. Populasi penelitian
ini adalah seluruh SMA di Kabupaten Bandung, sedangkan sampelnya adalah salah satu SMA di Kabupaten Bandung, sampel kelas dipilih secara tidak acak kelas, diperoleh kelas X1 IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai
kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 26 siswa. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan model PBL berbantuan ICT, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian yang berjumlah 5 soal pemecahan masalah dan 5 soal komunikasi matematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik dengan menggunakan model PBL Berbantuan ICT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran saintifik, selain itu juga tidak terdapat assosiasi antara kemampuan pemecahan
masalah, komunikasi matematik dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar, PBL Berbantuan ICT. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:46 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/333 |