PENINGKATAN KOSA KATA NOUN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN PLATFORM GAME WORDWALL

ADITYA MULAWARMAN, - (2024) PENINGKATAN KOSA KATA NOUN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN PLATFORM GAME WORDWALL. Other thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of BAB 1 PENDAHULUAN.pdf] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia tumbuh dan berkembang dalam lingkungan sosial yang
mempengaruhi aspek fisik dan nonfisik anak sepanjang hidup. Perkembangan
bahasa pada anak usia dini sangat bergantung pada interaksi dan pengalaman dari
lingkungan sekitar. Pendidikan bahasa Inggris memiliki peran penting dalam era
globalisasi; namun, penguasaan bahasa Inggris di Indonesia masih rendah.
Penelitian ini menyarankan penggunaan metode pembelajaran yang interaktif
dengan Wordwall untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini.
Wordwall adalah alat visual dan interaktif yang mendukung pembelajaran
berbagai aspek bahasa. Penelitian ini menggunakan metode Mix Methods
Explanatory Sequential Design, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif dalam dua fase berurutan. Metode ini dipilih karena memungkinkan
analisis yang lebih komprehensif, memanfaatkan keunggulan unik dari kedua
pendekatan. Pada fase pertama, data kuantitatif dikumpulkan dan dianalisis untuk
mengidentifikasi hasil utama. Fase kedua melibatkan pengumpulan dan analisis
data kualitatif untuk memberikan penjelasan lebih mendalam atas temuan
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara
signifikan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Sebelum
menggunakan Wordwall , skor rata-rata kemampuan bahasa Inggris anak adalah
10,35, dengan sebagian besar anak dikategorikan sebagai "Belum Berkembang."
Setelah menggunakan Wordwall , skor rata-rata meningkat menjadi 30,35, dengan
peningkatan rata-rata sebesar 193,96%, menunjukkan dampak positif yang
signifikan. Meskipun Wordwall terbukti efektif, penerapannya menghadapi
beberapa kendala, seperti kebutuhan perangkat elektronik, koneksi internet yang
lambat, dan keterbatasan pengetahuan guru tentang teknologi. Untuk mengatasi
kendala ini, beberapa langkah direkomendasikan, termasuk peningkatan akses
perangkat elektronik, peningkatan koneksi internet, pelatihan penggunaan
perangkat bagi anak , peningkatan pendampingan dan pengawasan, serta investasi
dalam sumber energi cadangan. Pelatihan ICT yang lebih mendalam bagi guru dan
pengadaan alat bantu seperti infokus juga penting untuk mendukung penggunaan
Wordwall secara efektif. Dengan strategi-strategi ini, diharapkan Wordwall dapat
diterapkan secara optimal dalam pendidikan anak usia dini, meningkatkan
kemampuan bahasa Inggris anak secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa inggris, Wordwall , Mix Methods, Pendidikan anak usia dini, ICT learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 02 Jun 2025 07:24
Last Modified: 02 Jun 2025 07:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item
View Item