PERBANDINGAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA ANTARA PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Harry Dwi Putra, - and Risma Amelia, - and Ratna Sariningsih, - (2021) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSING SISWA ANTARA PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika,, 6 (1). pp. 69-81. ISSN p-ISSN 2541-0660 , e-ISSN 2597-7237

[thumbnail of Artikel 10.pdf] Text
Artikel 10.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 10.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat 10.pdf

Download (433kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mathematical problem posing siswa SMK antara yang
menggunakan pendekatan open-ended dan pendekatan saintifik. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI di SMK
TI Pembangunan Kota Cimahi, Jawa Barat. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling, yaitu dua kelas dengan
kemampuan matematis siswa yang tidak berbeda secara signifikan, sehingga diperoleh dua kelas yaitu XI RPL-B
sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan open-ended dan XI TEI-C sebagai kelas kontrol yang
menggunakan pendekatan saintifik. Kedua kelas memiliki kemampuan matematis yang tidak berbeda secara signifikan
melalui uji-t. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan
mathematical problem posing yang berjumlah lima butir soal uraian pada materi persamaan kuadrat. Teknik analisis data
menggunakan uji statistic independent sample t-test terhadap hasil data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas
kontrol melalui uji normalitas, dan uji nonparametrik Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
mathematical problem posing siswa menggunakan pendekatan open-ended lebih baik daripada menggunakan
pendekatan saintifik. Pendekatan open-ended memberikan siswa kesempatan yang lebih banyak dalam mengeksplorasi
aktivitas menyusun masalah baru atau membuat pertanyaan berdasarkan informasi yang tersedia, sehingga jawaban
siswa menjadi lebih beraneka ragam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mathematical problem posing, pendekatan open-ended, pendekatan saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: IKIPEDIA
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:54
Last Modified: 01 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item