PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Annisa Dwi Padmiati, - and Ratna Sariningsih, - and Euis Eti Rohaeti, - (2024) PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7 (4). pp. 685-694. ISSN ISSN 2614-221X (print) ISSN 2614-2155 (online)

[thumbnail of Artikel 3.pdf] Text
Artikel 3.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 3.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat 3.pdf

Download (368kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berfikir
kritis matematis siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan
pendekatan problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 36
Bandung di kelas VIII dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen Instrument dan
perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu soal pretest dan soal posttest.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 5 soal uraian berindikator

kemampuan berfikir kritis. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji N-
Gain, uji normalitas, uji Mann-Whitney, uji homogenitas, dan Uji independent

t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berfikir kritis matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan
problem solving.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Critical mathematical thinking skills;Problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: IKIPEDIA
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 01 Jul 2025 01:53
Last Modified: 01 Jul 2025 01:53
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item