Sharicah, - and Ratna Sariningsih, - (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (3). pp. 1151-1160. ISSN ISSN 2614-221X (print), ISSN 2614-2155 (online)
![[thumbnail of Artikel 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel 2.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hasil Cek Plagiat 2.pdf
Download (449kB)
Abstrak
Siswa harus memiliki kemampuan memahami matematika karena belajar
matematika tidak hanya tentang menghafal rumus dan berhitung, tetapi juga
tentang memahami konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pemahaman matematis siswa pasca pandemi Covid-19 dengan persamaan
kuadrat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan populasi sebanyak 30 siswa
dan sampel sebanyak 10 siswa kelas IX yang dilakukan di SMPN 8 Cimahi.
Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman matematis. Data yang
diperoleh dari hasil tes diolah dalam tiga tahap yaitu pertama reduksi data
(analisis jawaban siswa), kedua penyajian, dan ketiga penarikan kesimpulan
peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10% siswa yang memiliki
kemampuan matematika termasuk dalam kategori sangat tinggi dan sangat
rendah, 20% termasuk dalam kategori tinggi dan rendah, dan 40% siswa
termasuk dalam kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan pemahaman matematis siswa masih perlu dikembangkan karena
siswa masih belum memahami materi dan belum terbiasa mengerjakan soal-soal
pemahaman matematis sehingga masih melakukan kesalahan saat
menyelesaikan soal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematical Understanding Ability;Quadratic Equation |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | IKIPEDIA |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 01:43 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 01:43 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/313 |