Rifky Purnomo, 18060291 (2024) PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (13kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (67kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (131kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (65kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui: (1) penggunaan model role
playing pada peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V, (2) respon siswa
pada pembelajaran dengan menggunakan model role playing, (3) kendala guru pada
pembelajaran dengan menggunakan model role playing. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kombinasi (mix methods) dengan desain sequential
explanatory design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 1 Kertamulya
Padalarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar sebanyak 28
siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar angket, wawancara guru dan siswa.
Dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pada
keterampilan berbicara siswa dengan nilai rata-rata awal 39,6% menjadi 83,5%.
Adapun dari data kualitatif diperoleh hasil pada kesulitan siswa yakni masih
kurangnya kepercayaan diri siswa dalam pementasan drama di depan kelas serta
masih minimnya literasi sehingga kurangnya kosakata yang dimiliki siswa. Adapun
untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan pada wawancara guru menunjukkan hasil
yang baik, meski masih ada beberapa kesulitan yang dihadapi yakni guru masih
memiliki kendala dalam pembagian peran kepada siswa, terganggunya kelas lain,
membutuhkan ruang kelas yang cukup luas dan terbatasnya waktu kegiatan bermain
peran dalam menggunakan model pembelajaran role playing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model bermain peran, Keterampilan berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:21 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:21 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/303 |