PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rifky Purnomo, 18060291 (2024) PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui: (1) penggunaan model role
playing pada peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V, (2) respon siswa
pada pembelajaran dengan menggunakan model role playing, (3) kendala guru pada
pembelajaran dengan menggunakan model role playing. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kombinasi (mix methods) dengan desain sequential
explanatory design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 1 Kertamulya
Padalarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar sebanyak 28
siswa. Data penelitian diperoleh dari lembar angket, wawancara guru dan siswa.
Dari data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pada
keterampilan berbicara siswa dengan nilai rata-rata awal 39,6% menjadi 83,5%.
Adapun dari data kualitatif diperoleh hasil pada kesulitan siswa yakni masih
kurangnya kepercayaan diri siswa dalam pementasan drama di depan kelas serta
masih minimnya literasi sehingga kurangnya kosakata yang dimiliki siswa. Adapun
untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan pada wawancara guru menunjukkan hasil
yang baik, meski masih ada beberapa kesulitan yang dihadapi yakni guru masih
memiliki kendala dalam pembagian peran kepada siswa, terganggunya kelas lain,
membutuhkan ruang kelas yang cukup luas dan terbatasnya waktu kegiatan bermain
peran dalam menggunakan model pembelajaran role playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model bermain peran, Keterampilan berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:21
Last Modified: 26 Jun 2025 07:21
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item