PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Ayang Wike Sintia, 20060008 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (970kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tuntutan zaman menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas individu.
Pada abad ke-21 ini peserta didik harus dibekali dengan berbagai macam
keterampilan untuk kehidupannya, salah satu keterampilan yang harus dimiliki
peserta didik yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat
dilatih pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang , salah satu model
pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kritis pada materi rangkaian listrik sederhana kelas VI. Pada penelitian ini
menggunakan metode mix methods dengan desain penelitian explanatory
sequential design. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada hasil posttest peserta didik. Begitupun hasil angket
respon peserta didik yang menjukan respon positif terhadap pembelajaran STEM.
Meskipun hasil observasi menunjukan persentase yang baik, akan tetapi terlihat ada
beberapa kendala yang dihadapi oleh guru, hal tersebut juga diperjelas pada hasil
wawancara guru terkait kendala yang dihadapi dalam penerapan model
pembelajaran STEM pada materi rangkaian listrik sederhana kelas VI Sekolah
Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model STEM, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:03
Last Modified: 26 Jun 2025 07:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item