Ayang Wike Sintia, 20060008 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (970kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (36kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (228kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Tuntutan zaman menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kualitas individu.
Pada abad ke-21 ini peserta didik harus dibekali dengan berbagai macam
keterampilan untuk kehidupannya, salah satu keterampilan yang harus dimiliki
peserta didik yaitu keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat
dilatih pada peserta didik melalui kegiatan pembelajaran yang , salah satu model
pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik
yaitu model pembelajaran STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kritis pada materi rangkaian listrik sederhana kelas VI. Pada penelitian ini
menggunakan metode mix methods dengan desain penelitian explanatory
sequential design. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada hasil posttest peserta didik. Begitupun hasil angket
respon peserta didik yang menjukan respon positif terhadap pembelajaran STEM.
Meskipun hasil observasi menunjukan persentase yang baik, akan tetapi terlihat ada
beberapa kendala yang dihadapi oleh guru, hal tersebut juga diperjelas pada hasil
wawancara guru terkait kendala yang dihadapi dalam penerapan model
pembelajaran STEM pada materi rangkaian listrik sederhana kelas VI Sekolah
Dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model STEM, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:03 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/300 |