PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SEKOLAH DASAR

AULIA SEPTI RAHAYU, 20060059 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa.
Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan Bahasa Indonesia yang masih di bawah KKM.
Permasalahan tersebut terjadi karena siswa belum sepenuhnya lancar dalam membaca
pemahaman serta kurangnya motivasi siswa. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa, kesulitan siswa serta
kendala yang dialami guru. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti berupaya
mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model Student Teams Achievement
Divisions (STAD) berbantuan Aplikasi Canva. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah mix methode dengan desain penelitian The Sequential Explanatory Design.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Analisis data yang digunakan
adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
membaca pemahaman siswa terdapat peningkatan sebesar 20,24. Hal ini dapat dilihat dari
hasil rata-rata pretest 63,56 dan postest 83,8 dengan N-Gain 56,49 pada kategori cukup
efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative
Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan berbantuan Aplikasi
Canva dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar kelas
V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman, Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achieveemnt Divisions (STAD), Aplikasi Canva.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 06:58
Last Modified: 26 Jun 2025 06:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item
View Item